FMTB Berharap Pertamina Pekerjakan Tenaga Lokal

MLM Peristiwa

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Sudah seharusnya investor atau perusahaan mempekerjakan tenaga lokal/daerah, karena seiring tujuan usaha untuk mendapatkan keuntungan juga turut menyejahterakan masyarakat sekitar.

Ketua LSM Front Masyarakat Transmigrasi Bersatu (FMTB), Juanda menyampaikan, Senin (25/07/2016) bahwa pihaknya mengajukan permintaan tenaga kerja lokal kepada PT Pertamina Field Pendopo dengan kontraktor dan subkontraktor dibawahnya.

“Disinyalir tenaga kerja kontraktor/subkontraktor PT Pertamina EP Pendopo Field dengan kontraktor PT Elnusa, PT General Buditekindo, PT Epsindo Jaya Pratama, PT Gasindo, PT MMU dan PT WESP banyak mendatangkan tenaga dari luar termasuk dari Pendopo sendiri. Padahal jelas operasional perusahaan ada di Kabupaten Musirawas tepatnya di dusun Sopa Desa Semangus Lama dan Desa Bumi Makmur Kecamatan Muara Lakitan.

Untuk itu kami berharap kepada pihak PT Pertamina dan jajarannya mesti memperhatikan tenaga lokal. Sangat janggal bila perusahaan yang mengeruk bumi Musirawas malah menggunakan tenaga kerja dari luar,” harapnya.

Juanda juga mengatakan bahwa PT Pertamina EP Pendopo Field telah menjawab surat dari pihaknya yang mengatakan bahwa urusan tenaga kerja merupakan hak kontraktor dan subkontraktor, Pertamina hanya sebatas menghimbau.

“Masalah tenaga kerja ini, Pemkab Musirawas sebagai tuan rumah mesti tegas mengenai persentase tenaga lokal yang seharusnya turut dipekerjakan di perusahaan tersebut. Dengan demikian turut mengurangi pengangguran serta dapat mengangkat taraf ekonomi lokal/daerah,” kata Juanda.

Selain itu, lanjut Juanda, izin dari perusahaan tersebut mesti dilengkapi, karena itu merupakan kewajiban perusahaan. (fsl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *